berjilbab sesuai syariat islam dan manfaatnya

| Senin, 15 April 2013
بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

Assalamua'alaikum :)

curhat dulu ya bentar sebelum masuk ke pembahasan inti :P
kadang nih kalo lagi jalan bareng temen terus lagi asyik2nya menikmati suasana terus tiba2 liat perempuan berkerudung rapi banget, sesuai syariat agama islam deh pokonya nah disitu suka ada perasaan malu banget ga tau kenapa, apalagi melihat diri sendiri berpakaian biasa saja berkerudung yang terikat malah kadang ga sampe nutupin daerah dada, pas disitu suka langsung buru2 benerin kerudungnya, sedikit diurai samapi menutup daerah dada. udah tuh curhatnya.

ya sebagai perempuan terutama yang beragama islam kita sangat dianjurkan berpakaian sesuai perintah Allah SWT. zaman sekarang nih kalo diliat-liat udah banyak anak muda yang berkerudung (perempuan lah pastinya) alhamdulillah. tapi kadang nih sebagian kalo diliat-liat lagi pake kerudungnya ya begitu, tidak sesuai syar'i, :( ya hal itu terkadang apa yang saya lakukan :P. tapi saya sebagai perempuan muda yang berkerudung ngerasa sedih banget kalo ada orang ngomong "pake kerudung gober2, baju jubah gober2 kaya kampungan" astaghfirullahalhazim, berasa ada sesuatu yang menusuk ke hati, semoga orang yang pernah berkata seperti itu baik sengaja maupun tidak dimaafkan atas kelalaianya, amin :)

tidak hanya itu, kalo saya sama temen2 pergi main terus liat perempuan berkerudung tapi pakaian yang mereka kenakan ketat hingga membentuk lekukan tubuh, berias hingga menjadi sorotan publik ditambah lagi dengan kerudungnya yang tidak sesuai syar'i itu, aduuh rasanya semakin seidh, ya alhamdulillah mereka mau mengenakan kerudung, tapi ya itu pakaianya berkeasan tidak mencerminkan islam, ah jadi serba salah. kadang mereka cenderung berfikir jilbab digunakan berdasarkan mode bukan berdasarkan syriat agama islam sesuai yang diperintahkan Allah SWT.

sebagai genersi muda, tentu kita terbiasa dengan mencoba hal2 baru, eits yang positif dong tentunya. seperti halnya berkerudung, sekarang ini banyak trend dan mode berkerudung yang memang terkuhat menari dimata manusia tapi belum tentu menarik dimata Allah. jadi biar ga "salah kaprah" coba baca yang satu ini:





Cara Memakai Jilbab Yang Baik 
Jilbab yang baik adalah jilbab yang sesuai dengan tuntunan Islam, bukan sesuai dengan mode atau trend yang berlaku di masyarakat. Apa saja syarat-syarat cara memakai jilbab yang baik? Beberapa di antaranya :
  • Menutupi aurat
  • Jilbab lebar dan menutup dada
  • Jilbab longgar tidak menampakkan bentuk tubuh
  • Tidak tembus pandang
  • Tidak memakai riasan/make up tebal
Kesalahan Dalam Cara Memakai Jilbab 
Mengenai penggunaannya, jilbab itu sendiri bukanlah jenis jilbab atau kerudung gaul seperti fenomena yang sering kita lihat sekarang-sekarang ini. Kerudung yang digunakan haruslah syar’I dan sesuai dengan yang diperintahkan oleh Allah dan Rasulnya, baik itu dala Al Qur’an ataupun hadits. Nah, disini akan dibahas sedikit mengenai jilbab atau lebih ke gaya berbusana kaum muslimah yang seharusnya atau kita kenal dengan istilah syar’i.
Sesuai dengan sabda Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam : “Bahwa anak perempuan apabila telah cukup umurnya, maka mereka tidak boleh dilihat akan dia melainkan mukanya dan kedua telapak tangannya hingga pergelangan” (H.R. Abu Daud)”. Itu sabda Rasulullah. Tapi nyatanya sekarang, banyak para muslimah yang salah mengartikan jilbab dan gaya berbusana yang syar’i.
Berikut Kesalahan-kesalahan yang sering terjadi dalam berkerudung dan berbusana muslimah
Kerudung tidak menutupi dada
Ini bertentangan dengan firman Allah SWT dalam Al-qur’an “.. dan hendaklah mereka menutup kain kerudung ke dadanya … ” (QS. An Nur : 31)
- Rok kurang panjang (agak ngatung)
Hal ini tidak sesuai dengan hadits yang diriwayatkan oleh Imam Tarmizi dan Nasa’i, dari Ummu Salamah r.a. “”Ya Rasulullah, bagaimana dengan perempuan dan kain-kain mereka yang sebelah bawah?” Sabda Rasulullah S.A.W : “Hendaklah mereka memanjangkan barang sejengkal dan janganlah menambahkan lagi keatasnya
Pakaian ketat dan menampakkan bentuk tubuh
Selain terlihat dan terasa sesak, ternyata pakaian yang ketat juga tidak baik untuk kesehatan. Sebuah penelitian membuktikan bahwa pakaian yang ketat menyebabkan kulit kekurangan ruang untuk bernafas. Akibat yang ditimbulkan dari mengenakan pakaian ketat – mulai dari yang teringan seperti biduran, adanya bercak ringan di bagian tubuh tertentu sampai dengan penyakit yang cukup berbahaya, seperti kemandulan dan kanker.
Menggunakan riasan make up yang tebal.
Menggunakan riasan make up bagi seorang perempuan tidaklah dilarang, tapi anjurannya adalah ‘jangan berlebihan’ karena segala sesuatu ynag berlebihan itu tidak baik dan Allah tidak menyukai orang yang berlebih-lebihan. Selain itu, jika make up anda terlalu tebal, maka kurang sehat untuk wajah anda karena kulit wajah tidak dapat bernafas dengan baik dan menyisakan residu yang berlebihan pada wajah sehingga jika tidak telaten dapat menyebabkan jerawat di wajah. Apalagi ada beberapa muslimah yang mungkin malas berwudhu atau hanya berwudhu sekedarnya saja dengan alasan menjaga riasan wajah agar tetap awet.
- Kesalahan lainnya dalam berkerudung, diantaranya adalah tidak memakai kaos kaki, mengenakan blus yang pendek, memakai rok dengan belahan tinggi serta mengenakan kerudung yang terbuat dari bahan yang tipis/jarang.
sumber: artikelassunnah.blogspot
hanya LIMA SYARAT berpakaian syar’i seperti yang diperinthkan Allah, hal itu tentu tidak akan memberatkan pemakainya sama sekali, dibanding berjilbab sesuai trend yang ribet, ikat sana ikat sini dan sebagainya.
berkerudung juga memiliki banyak manfaat bagi penggunanya, diantaranya:
-Rambut Muslimah yang berjilbab terlindung dari sengatan panas matahari dan terlindung dari debu serta polusi, sehingga ketika jilbabnya dibuka, rambutnya tampak selalu bersinar. Rambut indahnya hanya diperlihatkan untuk orang-orang yang berhak melihatnya.bagus ni
-tidak membuat perhatian pria nakal. Muslimah yang berjilbab tidak mengumbar tubuhnya, kecuali muka dan telapak tangan. Oleh karena itu, pria pun terbatas memandangnya.
-Pria segan menggoda apalagi melecehkan. Biasanya, pria segan mendekati apalagi menggoda wanita berjilbab, kecuali kalau peluang itu diciptakan oleh wanita itu sendiri.
-Termotivasi untuk terus menuntut ilmu dan mengamalkannya. Muslimah yang berjilbab merasa dirinya menjadi alat ukur kebaikan dan kesuksesan. Tuntutan ini sangat bagus karena memacu dirinya untuk senantiasa berlomba meraih prestasi, kebaikan, dan sekuat mungkin menghindari kesalahan-kesalahan yang dapat mencemarkan nama baik Islam oleh perbuatan dosa dan tercela.
-Terjaga kehormatannya. Wanita berjilbab akan selalu menjaga kehormatannya seiring dengan ilmu yang dimilikinya karena mereka mengetahui dan dapat membedakan perilaku yang harus dilakukan dengan perilaku yang harus dihindari. Wanita berjilbab dan berilmu merasa selalu diawasi Allah dari segala kemaksiatan.
-Jika Anda memiliki kelemahan dari rambut , Jilbab sebagai pentup aib tersebut, Anda tetap percaya diri dan beraktivitas penuh semangat.
-Terhindar dari godaan untuk bersikap centil dan tidak sopan, biasanya jilbab bisa jadi alat control kepribadian wanita yang menggunakannya.
-Sangat dihormati dan dihargai lawan jenis di sekitar anda contoh masyarakat dll, laki-laki merasa segan dan malu untuk mengganggu Anda.
demikian sedikit ulasan tentang berjilbab dan manfaatnya, semoga bermanfaat :)

0 comment:

Poskan Komentar

Next Prev
▲Top▲